Donderdag 03 Oktober 2013

#PTI INTERNET

1.      1 .Sejarah Internet

Sejarah internet mulai dikembangan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang pada saat itu sedang membangun sebuah proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Tujuan dari proyek ini adalah untuk kepentingan militer pertahanan AS dalam memecahkan masalah komunikasi antar komputer dalam jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Saat itu banyak dibuat jaringan komputer yang disebar dan dihubungkan di daerah-daerah vital dan manfaat internet ini untuk mengantisipasi bila terjadi serangan nuklir.

Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada". tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakalsejarah internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Itulah sejarah internet dan perkembangannya hingga sekarang internet menjadi alat komunikasi yang tak bisa ditinggalkan. Hampir semua perangkat saat ini memanfaatkan jaringan internet untuk kebutuhan komunikasi maupun update.
2.     
        2. ISP ( Internet Service Provider )

  Ø   Pengertian ISP
    Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

  Ø  Fungsi ISP

·                  Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet.
·                  Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
·                  Menyediakan modem untuk dial-up.
·                  Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).
·                  Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
·                  Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.
·                  Memberi tempat untuk homepage.
·                  ISP melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

Apa yang dimaksud ISP? ISP atau yang disebut dengan Internet Service Provider merupakan sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke Inteernet atau bisa dikatakan sebagai penyedia layanan jasa Internet. Perusahaan ISP terhubung ke Internet menggunakan jasa ISPlain, biasanya ISP Amerika, ISP Singapura, dan ISP hongkong. Jika anda ingin mengakses Internet dan terhubung dengan jaringan telepon melalui modem, maka anda dapat langsung mendaftar ke salah satu ISP (provider) yang ada di lokasi anda masing-masing atau skala nasional. Apabila anda berlangganan Internet dari ISP, maka anda akan mendapatkan user ID dan password serta nomor dial ISP tersebut pada saat mendaftar. Contoh dari ISP adalah Indosat, Indosat.net, Idola.net, Lintas Artha, Radnet, Wasantara.net, Megane, Elganet, Centrin, Solonet, dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat Telkom Instan yang mana pengguna Internet tidak perlu mendaftar dan membayar biaya langganan (abonemen) melainkan melalui pemakaian pulsa telepon dan langsung ditagih melalui tagihan rekening telepon masing-masing.
3.    
             3.  WWW (World Wide Web)

World Wide Web (biasa disingkat WWW) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada internet. WWW merupakan kumpulan server web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di server web, dan tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut hyperlink. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks atau hyperlink. Dengan mengeklik hyperlink, maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
4.      
        4. Search Engine

Search engine atau mesin pencari adalah sarana gratis yang anda dapat manfaatkan untuk mencari informasi di Internet. Alat bantu pencari informasi ini berfungsi seperti kartu katalog di perpustakaan.
Untuk dapat menggunakan search engine, pengguna diharuskan untuk mengetikkan kata-kata atau frasa yang disebut teks pencarian atau biasa dikenal dengan kata kunci tentang apa yang akan dicari. Hasil dari pencarian search engine berupa link-link yang jumlahnya bisa mencapai 90.000 link. Kebanyakan mesin pencari  menampilkan hasil pencarian berdasarkan seberapa dekat kata-kata dalam teks pencarian satu dengan yang lainnya pada judul halaman web dan penjelasannya. Oleh karena itu,  beberapa link yang paling atas biasanya mengandung informasi yang lebih relevan. Contoh Search Engine yang paling terkenal adalah Google dan Yahoo!.

  Ø  Tips-tips yang dapat dilakukan untuk memudahkan pencarian dengan search engine :

·       Gunakan kata benda yang spesifik dan masukkan istilah-istilah yang paling penting terlebih dahulu di dalam teks pencarian
·         Gunakan tanda bintang (*) untuk menggantikan karakter-karakter dalam kata – kata. Misal : pro* maka akan menghasilkan profesional, profesor, pro, protective, protect, dan berbagai variasi lainnya.
·       Gunakan tanda kutip (“ … “) untuk membuat frase sehingga mesin pencari dapat menghasilkan pencarian berdasarkan urutan kata-kata yang tepat sama seperti urutan kata dalam tanda kutip.
·         Daftarkan semua kemungkinan pengejaan. Misal email dan e-mail.

  Ø  Operator  yang dapat digunakan untuk memudahkan pencarian dengan search engine (Google):

·         Operator “OR"
Digunakan untuk mencari web yang mengandung kata k1 OR k2 OR k3 … kn.
Contoh dimasukkan kata kunci : teknik OR informatika.
Maka hasilnya akan memunculkan semua web yang di dalamnya memuat kata “teknik” dan web lain yang memuat kata “informatika”, tetapi tidak memunculkan web yang memuat kata “teknik” dan “informatika” di dalamnya. Dalam penggunaan operator “OR”, penulisannya harus dalam huruf kapital. Kalau operator “OR” tidak ditulis kapital maka akan memunculkan web yang di dalamnya memuat kata “teknik” dan “informatika”.
·         Operator Minus (“ - “)
Digunakan untuk mencari web yang tidak mengandung kata tertentu.
Contoh : kacang –pertumbuhan. Maka hasilnya akan memunculkan web yang di dalamnya memuat kata “kacang” namun tidak akan memunculkan web yang memuat kata “pertumbuhan”, sekalipun ada kata “kacang” di dalamnya.
·         Operator Tanda Tilde ( ~ )
Digunakan untuk mencari web yang didalamnya memuat kata kunci yang dimasukkan termasuk sinonimnya. Contoh :  ~Economic. Maka hasilnya akan memunculkan semua web yang mengandung kata “Economic” maupun definisi serupa dalam pendekatan lain. Misal ; business and financial, education dan sebagainya.
·         Kata Bantu “allintittle”
Digunakan untuk mencari web yang memiliki tittle yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Tittle adalah serangkaian teks yang muncul di baris paling atas pada bagian window dari sebuah web.
·         Kata Bantu “allinurl”
Digunakan untuk mencari web yang alamat web atau URL-nya mengandung kata seperti pada kata kunci yang dimasukkan. Contoh : allinurl: jurnal. Maka akan memunculkan semua web yang alamat web atau URL-nya mengandung kata “jurnal”.
·         Kata Bantu “define”
Digunakan untuk mencari definisi suatu istilah pada web, misalnya ingin mencari pengertian atau definisi dari akunting. Maka kata kunci yang dimasukkan adalah define : akunting.
·         Kata Bantu “related”
Digunakan untuk mencari web yang memiliki keterkaitan dengan website tertentu. Misalnya mencari website lain yang berhubungan dengan website dikti, maka kata kunci yang dimasukkan adalah related : www.dikti.go.id
·         Kata Bantu “filetype”
Digunakan untuk mencari sebuah web yang mengandung file yang sesuai dengan kata kunci dan tipe file dimasukkan. Misalnya mencari artikel yang terkait dengan Akuntansi dan/atau Syariah dalam .doc (Microsoft Word 2003) maka digunakan keyword = Multimedia filetype: doc.

Contoh : http://www.wikipedia.com

5. Chatting

Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.  salah satu fasilitas untuk berkomunikasi antar sesame pemakai internet dengan menggunakan media tulis secara online dan real time. Atau Chating adalah hubungan komunikasi antar pengguna komputer dalam Internet secara online yang umumnya berupa teks.Chatting itu bentuknya seperti obrolan tapi dengan tulisan secara online. Chating biasa dilakukan dengan menggunakan jejaring social seperti Yahoo Messenger, Facebook, Google + atau yang lainnya. Gambaran lebih jelasnya seperti ini saya ambil contoh saja facebook, ketika anda online dan ada teman facebook anda yang onlin juga, kemudian anda menulis pesan untuk teman anda tadi dan teman anda membalasnya itu dianamakan Chatting.

6. Netiquette

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet

Flaming :

Flaming memiliki tujuan di ekologi dari dunia maya, flaming yang bertujuan untuk mengajar seseorang sesuatu kepada seseorang( biasanya suka dibesar-besarkan dalam penggunaan bahasanya ) atau menghentikan mereka dari melakukan sesuatu ( seperti menyinggung orang lain ). Flaming pesan lebih sering menggunakan brute force, tapi hal itu setengah menyenangkan. Netiquette tidak menganjurkan agar anda mempertimbangkan seni flaming sebelum menarik keluar flame-thrower. Setiap wannabe dengan sebuah account email dapat menyalakan sebuah firestorm dari ill-conceived dan bisa membuat anda bosan, yang dibutuhkan ketekunan dan kreativitas untuk menarik dari sebuah artful flaming. Siapa tahu jika anda sudah cukup baik, flaming anda bahkan mungkin membuatnya menjadi hall of flam. 

Trolling :

trolling adalah chat anti-social tindakan menyebabkan konflik interpersonal dan shock-value kontroversi online. trolling sengaja membuat kebencian, kefanatikan, rasisme, misogini, atau hanya sederhana percekcokan antara lain. Trolls sendiri adalah pengguna emotionally-immature yang berkembang dalam setiap lingkungan di mana mereka diperbolehkan untuk membuat publik komentar, seperti situs blog, situs berita, forum diskusi, dan game chatting

Junking :

suatu e-mail atau kalimat yang dikirim berulang-ulang kali, banyak dari website dan sosial media online atau game online yang sudah memuat peraturan junking, junking sendiri sangat membuat para pengguna sosial media (internet) menjadi kesal dengan ulah dari segelintir orang yang sengaja atau tidak disengaja. 

Sumber :

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking